Skip to main content

Seperti halnya mengetik, menyetir, dan memakai sepatu kini bisa saya lakukan sendiri

Tiba-tiba saya tak sanggup melangkah dan terjatuh ketika menuju kamar kecil.

Berkat kesabarannya, ia berhasil menurunkan kelebihan berat badan saya sampai 10 kg.

Saya ingat selama tiga bulan secara intensif makanan saya benar-benar diukur.

Makan nasi hanya diperbolehkan empat sendok.

Makanan berminyak, berlemak, disingkirkan sama sekali.

la juga yang dengan setia menemani saya jalan pagi di taman dekat rumah untuk melatih refleks saya.

Tip Agar Cepat Sembuh dari STROKE e Lakukan olahraga secara teratur dan terukür.

Hindari makanan berlemak dan berminyak o Gembira bersama keluarga, terutama dengan cucu.

Menyibukkan diri dengan menulis dan berdiskusi agar agar tidak cepat pikun.

Penzobatan Kini saya menikmati kembali makan.a Lesulaan masa kecil, dibantu oleh istri ya ndst keberatan membuat sayur asem, gado.

Seperti halnya mengetik, menyetir, dan memakai sepatu kini bisa saya lakukan sendiri

ondo, pecel lalapan, urap, dan sebagainya Bense benar bck to basic Saya juga mencoba menghindari MSG imono sodium glutamat), zat aditif, makanan olahan maupun makanan kaleng.

Bahkan, food supplement pun tidak pernah saya konsumsi karena nasihat teman-teman ahli gizi, seperti Prof.

DR.

Darwin Karyadi, Prof.

DR Winarno, dan Prof.

DR.

Soekirman Sebagai gantinya, saya makan buah- buahan lokal yang mudah didapat dan murah harganya, seperti pepaya, jambu biji, semangka, melon, pisang.

serta nanas.

Setiap hari saya minum tiga sampai empat liter air putih, kadang-kadang bisa lebih.

Minum air dilakukan sebelum dan sesudah olahraga dan sangat efektif Berangsur-angsur Baik Ketika pensiun, tuntutan harus bekerja keras" tiba-tiba tidak ada, sehingga saya dapat ebagai mengatur jadwal kegiatan kesehatan secara pessent makanan olshan bebas yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan hidup sehat.

Kini saya bisa tidur pukul 22.00 atau sebelumnya.

Bangun pagi selalu bisa sebelum beduk Shubuh sehingga shalat Subuh tidak pernah terlewat waktunya.

Lalu, saya berolahragal Beberapa teman dok saya menyalurkan semangat hidup dengan tetap ter menganjurkan agar tetap menulis dan membaca serta at berdiskusi agar tidak cepat pikun.

Terapi yang amat efektif adalah bercanda diet dan olahraga hersama cucu-cucu dengan riang gembira.

Resep melumerkan ketegangan ini saya peroleh dari Prof.

Mahar Mardjono.

"Nanti Saudara Tjipto punya cucu, semua ketegangan akarn kalau hilang.

Sering-seringlah bermain dengan cucu," pesannya Memang benar, kegiatan mengantar atau menjemput mereka darisekolah TK, belanja keperluan mereka, amat menyenangkan dan menghibur saya hampir sepanjang waktu.

Kegiatan menulis saya mendapat tempat di harian Republika tempat saya kini berinteraksi dengan jurnalis dan politisi serta aktivis muda berbakat.

Walaupun kondisi tubuh belum 100 % normal , sampai saat ini saya belum bisa mengancing buah kancing atau manset dengan baik, namun ketergantungan saya terhadap orang lain boleh dibilang sedikit demi sedikit berkurang.

Dulu, berjalan, atau menyendok nasi harus dibantu, sekarang saya bisa makan sendiri.

Seperti halnya mengetik, menyetir, dan memakai sepatu kini bisa saya lakukan sendiri

Seperti halnya mengetik, menyetir, dan memakai sepatu kini bisa saya lakukan sendiri.

Ukuran seseorang yang sudah terehabilitasi kondisi fisiknya dari sisa serangan stroke dilihat bila ia tidak tergantung lagi kepada orang lain, alias bisa mandiri.

Semua itu mustahil berhasil tanpa dukungan seluruh anggota keluarga.

Saya juga sangat berterima kasih kepada anak-anak walaupun sudah punya rumah masing-masing.

tetapi mereka masih mau menginap di rumah dan membiarkan cucu-cucu menghibur saya.

Itu kan merupakan pengorbanan.

Dengan keadaan seperti sekarang ini, saya juga berterima kasih kepada teman-teman karena masih dipercaya duduk di berbagai Badan, salah satunya adalah Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional (BPPN).

Sementara, di lingkungan LSM, keterlibatan saya tetap diterima sebagai penasihat PKBI dan di AKATIGA Bandung, LP3ES dan P3M sebagai anggota badan pendiri atau badan pengurus.

Comments

Popular posts from this blog

kursi sudut arimbi kayu jati , kursi tamu sudut arimbi kursi tamu sudut jogja

kursi sudut arimbi kayu jati , kursi tamu sudut arimbi kursi tamu sudut jogja  , kursi sudut arimbi , من هو جاستن بيبر , wat is dubbele boekhouding , من هو بيل غيتس , best cardiologist in chapel hill nc , kursi sudut arimbi ay , kursi sudut arimbi ayam , kursi sudut arimbi ayi , kursi sudut arimbi ayurveda , kursi sudut arimbi ayat , kursi sudut arimbi acid , kursi sudut arimbi as a fraction , kursi sudut arimbi bay , kursi sudut arimbi ba , kursi sudut arimbi bin , kursi sudut arimbi binu , kursi sudut arimbi  bina , kursi sudut arimbi battery , kursi sudut arimbi bank , kursi sudut arimbi blood pressure , kursi sudut arimbi chords , kursi sudut arimbi ca , kursi sudut arimbi cocuk , kursi sudut arimbi coc , kursi sudut arimbi com , kursi sudut arimbi code , kursi sudut arimbi center , kursi sudut arimbi di , kursi sudut arimbi din , kursi sudut arimbi dizi , kursi sudut arimbi dalam bahasa inggris , kursi sudut arimbi definition , kursi sudut arimbi download , kursi sudut arimbi dise

Kursi Teras Putar, Kursi Teras Putar Jati Minimalis, Kursi Teras Putar Pejawaran

Kursi Teras Putar, Kursi Teras Putar Jati Minimalis, Kursi Teras Putar Pejawaran , harga kursi teras putar, gambar kursi teras putar, kursi teras putar jati, kursi teras putar aluminium, kursi teras putar ayunan, kursi teras putar atas, kursi teras putar anak, kursi teras putar air, kursi teras putar ace hardware, kursi teras putar anggur, kursi teras putar antik, kursi teras putar akar jati, kursi teras putar anyaman plastik, kursi teras putar besi, kursi teras putar bekas, kursi teras putar besi minimalis, kursi teras putar baja ringan, kursi teras putar besi minimalis modern, kursi teras putar betawi, kursi teras putar besi hollow, kursi teras putar bambu, kursi teras putar besi tempa,  kursi teras putar betawi lenong, kursi teras putar cafe, kursi teras putar cirebon, kursi teras putar cinta, kursi teras putar cafe minimalis, kursi teras putar cantik jati, kursi teras putar colorado informa, kursi teras putar cantik ukir, kursi teras putar cat duco, kursi teras putar cantik ukir je

Kursi Sudut Flamboyan, Kursi Sudut Flamboyan Model Minimalis Kayu Jati , Kursi Sudut Flamboyan Demak

Kursi Sudut Flamboyan,  Kursi Sudut Flamboyan Model Minimalis Kayu Jati ,  Kursi Sudut Flamboyan Demak ,   kursi sudut, kursi sudut minimalis, kursi sudut kayu, kursi sudut sofa, kursi sudut minimalis modern, kursi sudut kayu jati model terbaru, kursi sudut jati, kursi sudut kayu minimalis, kursi sudut minimalis polos, kursi sudut akasia, kursi sudut lemari, kursi sudut akar jati, kursi sudut akar, kursi sudut akasia mentah, kursi sudut anggur, kursi sudut kayu akasia, kursi sudut merah ati, kursi sudut bagong, kursi sudut busa minimalis, kursi sudut box, kursi sudut box minimalis, kursi sudut busa, kursi sudut besi, kursi sudut bambu, kursi sudut besi minimalis, kursi sudut cantik, kursi sudut cobra, kursi sudut cat bakar,  kursi sudut klasik, kursi sudut cat, kursi sudut warna coklat, contoh kursi sudut minimalis, contoh kursi sudut, kursi sudut dari kayu, kursi sudut domini, kursi sudut dari besi, kursi sudut dari kayu jati, kursi sudut dari bambu, kursi sudut dari kayu palet, kurs